contoh surat lamaran kerja via email dengan panduan lengkap


Contoh surat lamaran kerja - Halo Gan, masih mencari contoh surat lamaran kerja via email? Tenang saja Gan...!?Yang penting yang pertama anda sehat kan Gan? Mudah-mudahan selalu diberi kesehatan untuk tetap beraktivitas dan berkarya. Dan semoga segera mendapat pekerjaan yang cocok bagi anda. Amin

Pada artikel kali ini kami akan memberikan contoh surat lamaran kerja via email, jadi nanti anda tinggal copy paste contoh contoh surat lamaran pekerjaan via email Anda.




Di artikel ini juga akan diberikan cara atau langkah-langkah mengirimkan surat lamaran kerja via email dari cara Login email sampe dengan pengiriman surat lamaran kerja dengan email. Hal ini diperuntukkan bagi rekan-rekan semuanya yang belum pernah mengirim lewat email sebelumnya atau belum pernah mengirimkan surat lamaran kerja via email.

Karena tidak dapat dipungkiri bahwa dengan kemajuan teknologi, tapi ironisnya orang-orang malah tidak pernah membuka email dan menggunakan email untuk mengirim surat lamaran kerja. Padahal setiap hari selalu membuka Facebook Instagram dan sosial media lainnya.

Padahal di era zaman now atau era digital, segala sesuatu dilakukan melalui online, termasuk informasi lowongan pekerjaan dan syarat pengiriman berkas surat lamaran kerja pun harus lewat online atau via email. Selain lebih praktis dan simpel, juga akan terlihat profesionalisme nya

contoh surat lamaran kerja via email



Di halaman ini selain akan diberikan contoh surat lamaran kerja via email juga akan diberikan tips dan penyebab kenapa kita tidak kunjung dipanggil untuk proses selanjutnya. Padahal kita sudah berkali-kali mengirim surat lamaran kerja via email dan secara syarat administrasi kita sudah memenuhi kriteria untuk lowongan kerja tersebut.

Membuat surat lamaran pekerjaan via email sebenarnya lebih sederhana dibandingkan dengan ketika kita membuat surat lamaran pekerjaan manual atau dengan cara mengeprint surat lamaran pekerjaan kemudian memasukkan dokumen dokumen kita ke dalam sebuah amplop untuk Dikirim kepada perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Surat lamaran pada email dan daftar riwayat hidup sangat penting atau memegang kunci dalam berhasilnya surat lamaran pekerjaan via email. Karena dengan surat lamaran kerja via email, semua dokumen-dokumen yang penting kadang tidak bisa kita masukkan kedalam email atau attachment. Karena kadang syarat untuk mengirim email tidak boleh melebihi 1 megabyte pada attachment.

Biasanya email akan otomatis menolak atau mereject email dengan attachment lebih dari 1 MB, maka untuk itu Buatlah surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup yang bagus yang membuat mereka tertarik kepada anda.


Cara Mengirim contoh surat lamaran kerja via email


Okay sekarang kita akan memulai pembahasan kita pada artikel kali ini Cara Mengirim contoh surat lamaran kerja via email, berikut dibawah ini langkah langkahnya : --> bagi yang sudah biasa lewati aja materi ini ya gan...


Yang pertama adalah cara membuka email dan cara masuk ke dalam halaman untuk mengirim sebuah email.

Bagi Anda yang belum pernah atau tidak tahu cara mengirim email ikuti langkah-langkah dibawah ini, tetapi untuk Anda yang sudah mahir atau sering menggunakan email untuk surat-menyurat langsung saja ke bagian contoh surat lamaran kerja via email.

Langkah yang pertama anda harus mempunyai sebuah email terlebih dahulu, Buatlah sebuah email Yahoo atau dari Google yang gratis.

Setelah anda mempunyai email sekarang anda login atau masuk kedalam email anda, untuk contoh kali ini kita menggunakan email dari Google pada link ini. dan anda akan ditujukan pada halaman seperti gambar di bawah ini.


contoh surat lamaran kerja via email


Setelah anda menuju link di atas anda akan dibawa menuju ke halaman login Gmail, kemudian masukkan alamat email anda dan password anda.



Setelah anda masuk ke email Anda kemudian klik pada tulisan Tulis atau compose atau tulis email. Seperti gambar dibawah ini.

contoh surat lamaran kerja via email

Setelah itu anda akan ditampilkan lembar untuk mengirim email seperti gambar dibawah ini



Kemudian isilah Bagian Bagian terpenting dalam Email Yaitu:


  1. Penerima: Isilah Alamat email tujuan, yaitu email 
  2. Subjek :    Isilah Posisi posisi yang anda lamar
  3. Body email : Isilah Surat lamaran, buatlah surat lamaran berformat doc dulu kemudian paste ke dalam body email, anda bisa download body email berupa contoh contoh surat lamaran kerja di halaman ini juga
  4. Attachment  : fungsinya yaitu untuk meng-upload dokumen-dokumen anda seperti daftar riwayat hidup, ijazah dan dokumen penting pendukung yang lainya.
  5. Kirim : fungsinya jika semua telah siap dan terisi dengan benar dan baik dan semua attachment telah diupload, yang terakhir dilakukan dalam mengirim surat lamaran kerja via email adalah dengan meng Klik KIRIM

dan setelah anda isi semua surat lamaran kerja seperti dibawah ini :

contoh surat lamaran kerja via email

Contoh surat lamaran kerja via email diatas adalah surat lamaran untuk melamar di bank dengan posisi managemet traine, anda bisa melamar pekerjaan untuk pekerjaan apapun dan posisi apapun melalui email, seperti melamar pekerjaan sebagai guru, atau surat lamaran perawat dirumah sakit.



Berikut adalah poin-poin yang penting dalam mengirimkan surat lamaran kerja via email.


 1.  Subyek


Gunakan Subjek pada email yang baik sesuai dengan lowongan pekerjaan yang diberikan. Jangan terlalu berlebihan atau alay. Cukup berikan subjek dengan format yang telah diberikan atau posisi yang anda inginkan pada lowongan tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa orang yang melamar pekerjaan via email bukan hanya kita sendiri. Mungkin ribuan, Jadi HRD atau staf personalia pertama kali hanya akan melihat subyek dari email tersebut. Jadi jika Subyek anda tidak sesuai apa yang ditentukan oleh HRD, atau mungkin malah kosong karena kamu lupa untuk mengisinya,  kemungkinan besar email anda akan langsung dihapus atau tidak dibaca oleh HRD karena mungkin mereka menganggap email anda itu adalah sebuah email spam.

Jadi usahakan subjek Anda jelas dan sesuai apa yang diharapkan oleh HRD, Atau paling tidak mewakili Posisi apa yang Anda lamar.


 2.  Gunakan nama email yang baik


Kadang kala kita membuat nama sebuah email itu untuk mudah Diingat dan tidak mudah lupa. Tetapi mungkin nama email tersebut tidak cocok untuk digunakan untuk mengirim surat lamaran kerja yang notabene adalah formal.

Walaupun isi dari email kita adalah surat lamaran kerja yang formal, dan semua tata bahasa sesuai dengan EYD, serta daftar riwayat hidup kita bagus, tetapi surat lamaran kerja via email kita akan dipandang sebelah mata oleh HRD.

Contoh email yang tidak bagus untuk digunakan mengirim surat lamaran kerja adalah seperti ini :

Dinicymoetslalumenanti_1988@yahoo.com 
clarafalingsyantiksedunia@gmail.com

Dari email tersebut terlihat terlalu alay dan tidak cocok bila digunakan dalam mengirim surat lamaran kerja via email yang mana seharusnya bersifat formal, sekedar informasi saja kalau seorang HRD itu biasanya berusia sudah matang dan kurang bisa diajak bercanda..hehehe

Jadi Gunakanlah email yang terlihat formal, mungkin dari nama email di atas bisa di ubah seperti berikut:

Dini_1988@yahoo.com
Clara@gmail.com

Dari nama email tersebut terlihat lebih simpel dan lebih formal dari pada kedua email yang di atas tadi. Jadi kesimpulannya nama email juga termasuk poin penting dalam mengirim surat lamaran kerja via email.

 3.  Body email


Jika Anda mengirim surat lamaran kerja via email, body sebuah email tidak boleh kosong, mungkin karena biasanya Anda membuat surat lamaran kerja secara konvensional, dan sekarang menggunakan email, Anda lupa bawa surat lamaran kerja anda dan daftar riwayat hidup anda diupload di attachment.

Untuk membuat surat lamaran kerja  via email, jangan lupa surat lamaran kerjanya ditulis di body email, sedangkan daftar riwayat hidup dan dokumen dokumen lain seperti foto ijazah atau transkrip nilai semuanya di upload di file attachment.


 4.  File attachment


Untuk file attachment kalau ukuranya bisa dibuat sekecil mungkin, biasanya tidak lebih dari 1 MB. Usahakan Anda merubah ukuran file semuanya dengan sekecil mungkin tetapi file beserta dokumen-dokumen tersebut masih bisa untuk dibaca.

Untuk foto sebaiknya menggunakan foto yang bagus seperti foto KTP, jangan sampai Anda menggunakan foto selfie atau foto dengan pose foto yang tidak lazim.

Jika HRD hanya memberikan Anda file attachment 1 MB, Jangan pernah anda mengupload lebih dari 1 MB, mereka akan memasang spam filter jika melebihi 1 MB maka email anda akan masuk di dalam spam, jadi surat lamaran kerja ke email anda tidak akan pernah dibaca oleh HRD.


Untuk itu maka cukup upload lah daftar riwayat hidup dan foto anda.
Tetapi di dalam daftar riwayat hidup anda jelaskan semua tentang anda, dokumen dokumen yang telah anda dapatkan seperti ijazah dan surat pengalaman kerja.

Biasanya jika mereka tertarik untuk memanggil anda untuk proses selanjutnya yaitu interview, mereka akan menyarankan untuk membawa semua dokumen-dokumen yang dibutuhkan. dan perjuangan sebenarnya untuk melamar kerja baru dimulai. persiapkan diri anda dengan baik, buat mereka terkesan kepada anda.

dan akhir kata terimakasih telah membaca contoh surat lamaran kerja via email, semoga bisa membantu, jika ada kritik atau saran tolong di follow up dengan komentar dibawah ini. terimakasih






0 Response to "contoh surat lamaran kerja via email dengan panduan lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel